"Observasi Media Sosial"
Mega Juliana H
X TKJ B
Kata Pengantar
Penulis memanjatkan Puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa. Karena berkatnya saya bisa menyelasaikan laporan observasi i ini dalam waktu yang telah ditentukan.
Laporan ini saya susun untuk mengkaji tentang media sosial bagaimana kita dapat menggunakannya dengan baik dan benar .
Laporan ini bukanlah Laporan Ilmiah yang sempurna, , maka dari itu saya sebagai penulis mengharapkan kritik dan saran membangun dari pembaca agar saya bisa lebih baik lagi saat membuat Laporan- laporan seanjutnya. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua Aamiin.
Bandung, 2 September 2015
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB
1 PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
1.2 Definisi Umum
1.3 Klasifikasi
1.4 Deskripsi
Bab 2 PENUTUP
2.1 Kesimpulan
2.2 Saran
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di jaman yang semakin canggih ini dari masa ke masa Media Sosial ini sudah sangat merajarela, bukan hanya orang dewasa saja yang mengerti akan Media Sosial ini tetapi remaja bahkan anak-anak banyak sekali yang memakai Media Sosial. Mereka memakai Media Sosial ini untuk berkomunikasi karena media sosial sangat mudah sekali di akses dan sangat cepat sekali. Selain untuk berkomukasi kita sebagai pelajar juga dapat mendapatkan banyak sekali manfaat pendidikan dari Website yang menyediakan tentang pendidikam.
Banyak sekali manfaat positif yang dapat kita dapatkan dari Media Sosial, Tapi tak jarang juga kita akan mendapatkan hal negatif dari media sosial tersebut.
Maka dari itu saya melakukan penelitian tentang Media sosial ini yang sedang menjadi trend masa kini di kalangan remaja.
1.2 Definisi Umum
Media Sosial
Media Sosial adalah sebuah media online hasil perkembangan teknologi yang memberikan kemudahan untuk manusia dalam berkomunikasi, dan bersosialisasi.
1.3 Klasifikasi
Klasifikasi Media Sosial yang saya dapatkan dari Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial . Klasifikasi Media Sosial terbagi menjadi 6 bagian yaitu :
a. Proyek Kolaborasi
Suatu media sosial yang dapat membuat konten dan dalam pembuatannya dapat diakses oleh khalayak secara global.
Contoh : Wikipedia, Wiki Ubuntu-ID, wakakapedia, dll
b. Blog dan mikroblog
Blog dan mikroblog merupakan aplikasi yang
dapat membantu penggunanya untuk tetap posting mengenai pernyataan
apapun sampai seseorang mengerti. Blog sendiri ialah sebuah website yang
menyampaikan mengenai penulis atau kelompok penulis baik itu sebuah
opini, pengalaman, atau kegiatan sehari-hari.
Contoh :
-Blog : Blogspot (Blogger), WordPress, Multiply, LiveJournal, Blogsome, Dagdigdug, dll.
-Microblog : Twitter, Tumblr, Posterous, Koprol, Plurk, dll
-Forum : Kaskus, Warez-bb, indowebster.web.id, forumdetik
-Q/A (Question/Answer) : Yahoo! Answer, TanyaLinux, formspring.me
-Blog : Blogspot (Blogger), WordPress, Multiply, LiveJournal, Blogsome, Dagdigdug, dll.
-Microblog : Twitter, Tumblr, Posterous, Koprol, Plurk, dll
-Forum : Kaskus, Warez-bb, indowebster.web.id, forumdetik
-Q/A (Question/Answer) : Yahoo! Answer, TanyaLinux, formspring.me
c. Konten
sebuah aplikasi yang bertujuan untuk saling
berbagi dengan seseorang baik itu secara jarak jauh maupun dekat,
berbagi seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain.
Contoh : -Image and Photo Sharing : Flickr, Photobucket, DeviantArt, dll
-Video Sharing : YouTUBE, Vimeo, Mediafire, dll
-Audio and Music Sharing : Imeem, Last.fm, sharemusic, multiply
-File Sharing and Hosting : 4shared, rapidshare, indowebster.com
-Design : Threadless, GantiBaju, KDRI (Kementerian Desain Republik Indonesia)
-Video Sharing : YouTUBE, Vimeo, Mediafire, dll
-Audio and Music Sharing : Imeem, Last.fm, sharemusic, multiply
-File Sharing and Hosting : 4shared, rapidshare, indowebster.com
-Design : Threadless, GantiBaju, KDRI (Kementerian Desain Republik Indonesia)
d. Situs jejaring sosial
Situs jejaring
sosial merupakan situs yang dapat membantu seseorang untuk membuat
sebuah profil dan kemudian dapat menghubungkan dengan pengguna lainnya.
Situs jejaring sosial adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk
terhubung menggunakan profil pribadi atau akun pribadinya.
Contoh : Friendster, Facebook, LinkedIn, Foursquare, MySpace, dll
e. Virtual game worlds
Dunia
virtual, dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul
dalam bentuk avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan
orang lain selayaknya di dunia nyata. contohnya game online.
Contoh : Travian, Three Kingdoms, Second Life, e-Republik, World of Warcraft, dll
f. Virtual social worlds
Virtual social worlds merupakan aplikasi yang mensimulasikan kehidupan nyata melalui internet. Virtual social worlds adalah
situs yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dalam platform tiga
dimensi dengan menggunakan avatar yang mirip dengan kehidupan nyata.
Contoh :
-Map : wikimapia, GoogleEarth
-e-Commerce : ebay, alibaba, juale.com, dll
1.4 Deskripsi
Media sosial/social media adalah sebuah media online, dengan para
penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan
isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog,
jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Media Sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi,
kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan
berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace,
dan Twitter.
- SOSIAL MEDIA : sosial media adalah media online yang mendukung seseorang untuk bisa berinteraksi melalui internet/situs-situs berbasis web.
Contoh Aplikasi Sosial Media:
-CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat
untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
-Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan
aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk
mencari berita.
-Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan
layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan
berita secara audio visual.
- SOSIAL NETWORK : sosial network biasa juga disebut jejaring pertemanan,karena sosial network merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online
-Twitter, Facebook, Friendster, Aplikasi yang mengizinkan user untuk
dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat
terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto –
foto.
Pertumbuhan Media Sosial.
pertumbuhan Media Sosial sangatlah berkembang pesat di negeri kita Indonesia. Banyak sekali orang yang memakainya karena pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan
jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya
besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Maka dari itu Media Sosial itu sangat sekali membantu kita semua terutama bagi pelajar untuk mencari ilmu ilmu yang lebih banyak dan bermnfaat dari Media Sosial ini.
BAB 2 PENUTUP
2.1 Kesimpulan
Media Sosial sekarang memang sudah menjadi satu hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari khususnya kaum remaja, terlebih lagi kita semua sangat mudah jika ingin mengakses Media Sosial ini. Karena tidak hanya orang yang memiliki PC saja yang bisa membuka media sosial tetapi orang yang memiliki Smartphone pun sudah bisa mengaksesnya hanya dengan cara terkoneksi jaringan internet.
Tak bisa dipungkiri memang banyak sekali hal positif yang bisa kita dapatkan dari Media Sosial ini tapi tak jarang juga banyak sekali hal negatif yang bisa kita dapatkan dari Media Sosial ini itu semua bagaimana kita sebagai seorang pelajar saja harus bisa membedakan mana hal yang baik dan buruk dalam Media Sosial ini.
2.2 Saran
Semoga para Remaja setelah membaca Laporan ini bisa lebih baik lagi dalam menggunakan internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar